Cara Meningkatkan Pengunjung Blog bagi Pemula

Meningkatkan Pengunjung Blog
Meningkatkan pengunjung (increase visitor) blog adalah upaya seorang blogger yang dilakukan untuk mendapatkan trafik blog yang lebih banyak dengan cara tertentu, sesuai dengan tujuanya masing-masing.

Kebanyakan tujuan blogger adalah untuk mendapatkan penghasilan (monetasi), entah itu dalam bentuk iklan, jasa atau lainya yang masih berhubungan dengan komersil.

Namun ada juga blogger yang memang dibuat hanya untuk berbagi informasi/ilmu pengetahuan yang bermanfaat dengan harapan dapat membantu para pembaca.

Pada hakekatnya trafik pengunjung blog dapat ditingkatkan secara drastis dalam beberapa minggu saja, tetapi itu butuh keahlian dan pengalaman untuk mendapatkanya. Tidak jarang juga blog dengan umur 1 tahun masih sepi pengunjungnya.

Akan tetapi tidak mustahil bagi blogger pemula, jika semua dilakukan dengan sungguh-sungguh dan langkah yang tepat. Setidaknya trafik blog Anda sudah mengalami peningkatan walaupun dalam presentasi yang relatif kecil. 

Pada dasarnya meningkatkan pengunjung/trafik terbagi menjadi beberapa bagian seperti:
  • Meningkatkan trafik organik,
  • Meningkatkan trafik non organik,
  • Meningkatkan trafik melalui iklan berbayar.
Nah, berikut tips dasar untuk meningkatkan pengunjung blog bagi para pemula:

1. Tulis Artikel yang Banyak

Ini adalah cara paling mudah menurut saya, yaitu menulis artikel yang banyak. Konten yang banyak akan disukai oleh pengunjung, karena blog Anda dinilai lebih lengkap menyediakan variasi konten yang mungkin dibutuhkan oleh banyak pembaca.

1 kali pengunjung membaca artikel blog Anda, kemungkinan mereka akan melihat konten terkait yang lain dan akan membacanya jika itu memang diperlukan oleh pengunjung. Dengan catatan konten harus berkualitas bukan dibuat asal.

Apalagi jika Anda update artikel secara konsisten, Google sendiri memberikan prioritas yang tinggi pada blog dengan artikel baru. Jadi peluang mendapatkan jumlah pengunjung banyak akan semakin besar.

2. Gunakan Kata Kunci yang sedang Trend

Buat artikel dengan menggunakan kata kunci (keyword) yang sedang trend atau paling banyak dicari orang. Dalam hal ini Anda bisa menganalisanya dengan Google Keyword Planner untuk menemukan variasi kata kunci dengan volume pencarian tinggi maupun rendah.

Kata kunci dengan volume pencarian tinggi biasanya memiliki pesaing yang lebih banyak atau berat. Justru inilah yang harus kita gunakan untuk membuat konten, asalkan kita mampu membuat konten artikel yang lebih baik dari mereka. Maka dengan sendirinya konten kita akan naik peringkat tidak terbenam begitu saja.

Sebaliknya jika kita  mengandalkan kata kunci dengan volume pencarian rendah, mungkin konten Anda akan menjadi rank 1 dalam mesin pencari, namun pengunjungnya cenderung lebih sedikit, karena jarang yang membutuhkannya.

Agar lebih SEO Anda dapat menerapkan kata kunci pada Judul posting, URL, Paragraf konten dan Meta description.

3. Promosikan ke Media Sosial

Bukan saja hanya promosi ke media sosial, namun lebih mengutamakan pada pembaca yang tepat atau membutuhkan sehingga mereka akan tertarik untuk membacanya. Seperti Facebook, Google Plus, Twitter, Linkedin dan Pinterest.

Misalnya jika Anda ingin promosi artikel tentang Blog, mestinya artikel dipromosikan pada media sosial yang membahas tentang Blog, jadi potensial untuk dibaca atau dibagikan lagi kemungkinan ada. Yang pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak trafik.

4. Gunakan Long Tail Keyword

Long tail keyword merupakan kata kunci turunan dari kata kunci utama. Long tail keyword memiliki tingkat persaingan lebih sedikit dalam mesin pencaraian, sehingga potensi mendapatkan ranking semakin mudah.

Jenis kata kunci turunan lebih banyak dibandingkan dengan keyword utama sehingga sangat sulit untuk menentukan kata kunci turunan yang tepat untuk digunakan pada konten artikel.

Dengan menerapkan kata kunci turunan dalam konten diharapkan praktek ini dapat mendapatkan ranking pada mesin telusur, sehingga pengunjung akan meningkat dengan sendirinya. Ini adalah salah satu teknik SEO untuk mendapatkan trafik organik.

Misalnya pada keyword utama "cara menulis artikel" bisa diubah menjadi cara menulis artikel yang baik atau cara menulis artikel berkualitas standar SEO.

Anda bisa menyertakan keyword turunan pada Judul/Sub Judul artikel, Alt Gambar, Paragraf serta Anchor Text.

5. Optimalkan Judul

Judul adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung setelah gambar pada setiap artikel yang dibagikan ke media sosial. Jadi buatlah judul yang menarik dan lebih spesifik agar pengunjung tertarik membaca.

Judul yang menarik akan membantu pembaca untuk memahami isi konten yang nantinya dibaca, dan Judul juga memiliki potensi pada pembaca untuk memutuskan apakah mereka harus nge-klik dan membacanya.

6. Tombol Berbagi

Tombol berbagi atau share button akan mempermudah kita untuk berbagi konten ke media sosial tanpa harus mengunjungi satu persatu. Penempatan tombol share yang tepat dan mudah dijangkau oleh pengunjung akan lebih baik dan peluang untuk dibagikan lagi.

7. Email berlangganan

Email berlangganan terebukti akan meningkatkan trafik blog dari para pengunjung yang telah berlangganan artikel baru. Jadi tidak ada salahnya untuk memasang kotak email berlangganan pada template blog Anda.

8. Aktif di Media Sosial

Jika Anda telah bergabung dan aktif pada beberapa media sosial seperti Group Fb, Forum Diskusi atau Komunitas, berarti Anda telah memiliki jaringan sosial yang kuat.

Aktif disini adalah sering berkunjung pada media sosial terkait, berkomentar, menjawab pertanyaan, menjalin pertemanan antar anggota dan sebagainya.

Maka, promosi Anda akan lebih mudah mendapatkan respon dan antusias dari para pengunjung dan anggotanya. Karena Anda telah banyak dikenal sebelumnya jadi ada nilai sendiri dan kepercayaan dari para pengunjung dan lainya.

9. Menjadi Tamu Blog

Salah satunya adalah dengan menulis artikel diblog orang lain. Tulislah artikel dengan kriteria sesuai niche blognya dengan konten yang berkualitas dan berbobot. Biasanya pemilik blog akan memperbolehkan kita untuk menaruh link dalam konten. Hal ini bisa menjadi sumber backlink yang alami untuk ranking blog Anda. Sehingga secara SEO akan meningkatkan reputasi blog Anda dan mendapatkan refferal trafik dari blog tersebut.

10. Buat Video dan Terbitkan ke Youtube

Ada kalanya pengguna melakukan pencarian artikel di youtube berharap menemukan yang lebih lengkap dan jelas.

Cara ini memang membutuhkan keahlian terutama kemampuan dalam berbicara yang baik dan butuh alat untuk membuat video tersebut.

Namun hasilnya akan sesuai dengan tingkat kesulitan yang dihadapi. Artikel di youtube akan banyak membantu blog Anda untuk mendatangkan trafik baik dari pencarian yuotube maupun mesin pencari Google.

Sertakan juga link blog Anda atau link artikel pada video agar pengunjung dapat mengetahui blog yang mengelola video tersebut.

11. Sertakan Gambar

Gambar/foto dapat membuat tulisan artikel menjadi lebih menarik secara visual dan meningkatkan optimasi SEO pada mesin telusur dengan cara menambahkan Title tag dan Alt tag gambar. Ini akan menambah point dalam trafik organik sehingga dapat menambah pembaca.

12. Menjalin hubungan dengan Blogger lain

Menjalin hubungan dengan blogger lain banyak untungnya seperti teman bertambah, saling membantu, bertukar pikiran dan kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan artikel baru blog Anda.

Menjalin hubungan dengan blogger lain dapat dijadikan sebagai media promosi blog dan artikel Anda atau untuk memperkenalkan pada semua orang.

Cara menjalin hubungan dengan blogger lain seperti sering berkomentar, blogwalking, membantu promosi blogger lain, saling menyapa dan lainya.

13. Tingkatkan pengunjung secara Offline

Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan pengunjung blog dengan mempromosikan pada dunia nyata atau secara offline. Anda bisa mempromosikannya pada teman-teman dekat, keluarga, sanak keluarga atau dengan membuat kaos bertuliskan alamat blog Anda.

14. Interaksi dengan Audience

Beriteraksi terhadap audience atau pengunjung itu sangat diperlukan karena mempengaruhi trafik blog Anda. Interaksi dapat dilakukan seperti rajin membalas komentar, membalas email pertanyaan dari pengunjung atau memberikan saran yang dapat membangun bagi pengunjung.

15. Gunakan Iklan Berbayar

Cara ini biasanya digunakan oleh pemilik website yang menjual produk atau jasa untuk mendatangkan pengunjung secara cepat dan trafik tinggi.

Namun tidak ada salahnya jika Anda mungkin banyak duit untuk menggunkan metode iklan dalam mempromosikan konten artikel pada pengunjung.

Kesimpulan

Teknik meningkatkan trafik pengunjung adalah topik yang luas, jadi kemungkinan masih banyak strategi lainya yang belum penulis sampaikan. Intinya kita harus dapat menerapkan teknik-teknik tersebut dengan teliti/maksimal dan tidak mengabaikan point-point kecil yang berpotensi mendatangkan trafik biarpun hanya menambah sedikit.

Source : Ensikology

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dark Web Serta Cara Mengaksesnya